Menulis bukanlah salah satu jenis aktivitas yang mudah namun bukanlah pula perihal yang sulit. Sebenarnya tidak sulit dari menulis ialah terletak pada ide dan mood dalam menulis. Ide kerap kali menjadi masalah terbesar dalam menulis, karena untuk memunculkan ide yang kreatif tak dapat ditentukan waktunya, hanya saja beberapa hal dapat diupayakan untuk memunculkannya.

Sama halnya dengan mood, apabila seorang penulis sedang tidak dalam moodnya untuk menulis maka akan sangat sulit prosesnya. Bagi seorang penulis menjaga mood adalah suatu keharusan, karena mood yang jelek akan berakibat buruk pula pada tulisan yang dihasilkan. Oleh karena itu untuk menjaga mood yang baik ciptakan suasana hati serta lingkungan yang baik pula. Tak hanya itu, menjaga kesehatan tubuh juga hal terpenting yang harus dilakukan. Menulis sebenarnya merupakan hal yang dapat dilakukan semua orang, namun hakikatnya tidak semua orang dapat menghasilkan karya tulis yang luar biasa.

Pada dasarnya setiap orang memilki potensi dalam dirinya. Tetapi hal tersebut berlangsung secara beragam, tentu saja tak semua orang memiliki potensi dalam hal tulis menulis. Menjadi penulis besar dan terkenal bukan hal yang berlangsung secara praktis, namun ada begitu banyak proses yang dilalui sebelum mencapai tahapan tersebut. Maka dari itu nikmatilah setiap proses menulis tersebut.

Apabila kamu adalah satu orang yang memiliki atau menyakini adanya potensi menulis dalam diri kamu maka kamu hanya perlu menumbuh kembangkan potensi tersebut, namun bukan berarti apabila kamu tidak memiliki keyakinan tersebut maka kamu tidak bisa, hanya saja semuanya tentang kemauan serta ketekunan kamu. Salah satu hal yang dapat menyakinkan kamu apakah kamu memiliki ketertarikan atau potensi dalam dunia tulis menulis ialah sebuah hobi. Jika kamu memiliki hobi menulis atau tertarik pada keindahan tulisan maka cobalah untuk menggali potensi tersebut, karena bukan hal yang mustahil kamu dapat menjadi penulis yang hebat.

Baca juga : Cara Membuat Resolusi Tahunan Yang Efektif

Menulis dapat berdasarkan suatu pengalaman, baik yang bersifat pribadi atau umum. Pada dasarnya dari pengalaman tersebut akan memberikan kemudahan untuk menulis apa saja yang dapat teruraikan dalam bentuk tulisan karena kita selaku penulis juga selaku pelaku dalam tulisan tersebut. Selain itu menulis juga dapat dilakukan berdasarkan imajinasi, ada beberapa banyak cara dalam menumbuhkan imajinasi menulis tersebut seperti membaca sumber-sumber terpercaya, mengamati lingkungan sekitar atau hanya dengan imajinasi yang terpikirkan secara alami dalam otak. Semua dari hal tersebut tentu akan mempermudah proses menulis.

Bagi penulis menumbuh dan mengembangkan potensi menulis merupakan kewajiban yang harus dijalankan secara dinamis, oleh karenanya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menumbuh kembangkan potensi menulis :

Cara Mengembangkan Potensi Menulis Untuk Pemula

Cara Mengembangkan Potensi Menulis Untuk Pemula

9 Cara Terbaik Untuk Mengembangkan Potensi Menulis Kamu

  1. Disiplin waktu

Waktu merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh penulis. Dalam menulis perlulah kedisiplinan yang tinggi. Oleh karena itu, buatlah dan tentukanlah deadline dalam menulis karena hal tersebut akan membantu dalam menumbuh kembangkan potensi menulis kamu. Potensi menulis akan terus meningkat seiring dengan banyaknya karya tulis yang dihasilkan. Dengan mendisplinkan waktu dalam menulis untuk akan membuat kamu menghasilkan tulisan dalam waktu yang cepat dengan jumlah yang banyak.

Baca juga : 15 Tips Rahasia Menjadi Penulis Buku Yang Sukses

  1. Membaca secara rutin

Kegiatan membaca secara rutin akan sangat membantu dalam mengasah potensi dalam menulis. Potensi menulis akan terus berkembang dengan bertambahnya ilmu pengetahuan. Membaca merupakan kegiatan yang memiliki manfaat yang sangat efektif bagi penulis. Semakin kayanya pengetahuan maka semakin meningkat pula potensi keilmuannya. Oleh karena itu lakukan kegiatan membaca secara rutin ya, hal tersebt dapat dilakukan sesuai waktu yang dapat kamu tentukan, waktu yang dinilai efektif bagi kamu untuk melakukannya.

  1. Menulis sesuai kaidah penulisan

Biasakanlah untuk menulis sesuai dengan kaidah penulisannya yaitu sesuai EYD. Hal tersebut bukan hanya menimbulkan kesan kualitas yang baik bagi karya tulis kita tetapi juga dapat menimbulkan kesan bahwa kita memiliki potensi yang tinggi dalam menulis. Maka biasakanlah dengan menulis sesuai dengan kaidah penulisan EYD.

  1. Menjaga mood

Mood merupakan suatu hal yang vital dalam menulis, apabila mood tidak dijaga dan dipelihaar dengan baik akan maka berakibat fatal. Mood dalam menulis sangat menentukan hasil dari tulisan tersebut, apabila mood sedang buruk bukan hanya hasil saja yang buruk lebih parahnya bahkan tak bisa menghasilkan tulisan sama sekali. Oleh sebab itu mood yang baik haruslah benar-benar dijaga dan dipelihara sebaik mungkin.

  1. Mengevaluasi tulisan

Apabila tulisan telah diselesaikan maka lakukanlah evaluasi terhadapa tulisan tersebut. Dengan membaca ulang dan juga memperbaiki kesalahan dalam penulisan. Mengevaluasi tulisan merupakan kegiatan wajib dilakukan sbelum tulisan masuk kedalam tahapan selanjutnya baik berupa postingan atau cetakan. Upaya ini dilakukan dengan tujuan meminimkan kesalahan-kesalahan dalam penulisan.

  1. Mintalah kritik dan saran pembaca

Apabila tulisan tersebut sudah disebar luaskan maka kamu dapat melakukan upaya perbaikan dengan mengoreksi tulisan tersebut dengan meminta kritik dan saran pembaca. Hal tersebut sangat efektif karena kamu dapat mengetahui secara langsung mengenai ahsil dari tulisanmu. Pada kolom kritik saran tersebut tentu kamu dapat melakukan perbaikan dari setiap kekurangan-kekurangan yang dinilai oleh pembaca. Bagi penulis hal tersebut memang perlu untuk dilakukan karena akan menunjang perubahan kearah yang lebih baik.

  1. Bergabunglah dengan forum menulis

Bergabunglah pada forum-forum menulis yang memang memiiki peranan penting dalam mengali dan menumbuhkan potensi dalam menulis. Untuk di Facebook kamu bisa bergabung di Group Menulis bersama saya disini >> https://goo.gl/2I6JVe

  1. Mengembangkan gaya bahasa

Gaya bahasa dalam menulis hendaklah terus dikembangkan secara dinamis namun tetap sesuai dengan kaidah penulisan. Gaya bahasa yang dimiliki masing-masing penulis tentulah berbeda-beda. Oleh karenanya gaya bahasa dapat menjadi ciri khas tersendiri bagi penulis.

  1. Mengikuti kelas menulis

Kelas menulis atau kursus menulis adalah upaya efektif bagi penulis untuk menumbuh kembangkan potensi diri dalam hal menulis. Dengan itu, kamu dapat banyak belajar tentang dunia kepenulisan, baik setiap permasalahannya maupun tantangan-tantangan yang harus dilalui bahkan kiat-kita sukses dalam menciptakan karya tulis yang luar biasa. Dalam kursus menulis tentu begitu bnayak ilmu yang akan didapatkan, karenanya semakin banyak pengetahuan dalam dunia menulis maka akan semakin berpotensi pula dalam bidang menulis tersebut.

Itulah 9 cara yang dapat dilakukan penulis untuk menumbuh kembangkan potensi menulisnya, masing-masing dari poinnya memiliki peranan penting dalam meningkatkan potensi menulis. Karena itu, apabila kamu ingin terjun dalam dunia tulis menulis kamu bukan hanya mengerti cara menulis saja namun kamu juga harus memahami setiap item persoalan dalam menulis serta solusinya.

Untuk Kamu yang benar-benar mau mengembangkan potensi menulis kamu, Saya menyarankan kamu boleh mengikuti kelas Mentoring Menulis Online 30 Hari 1 Naskah. Karena Output dari Mentoring ini DIJAMIN 1 Naskah Buku Siap Terbit.

Kabarnya Masih ada DISKON 70% dan sayangnya hanya untuk 5 Orang Pendaftar Tercepat hari ini.
Untuk itu sebelum Anda memutuskan untuk JOIN Anda boleh pelajari terlebih dulu Info detailnya >> KLIK DISINI