Tips Rahasia Jadi Penulis Buku Yang Sukses – Dalam menciptakan karya tulis bukanlah suatu hal yang bisa dilakukan dalama keadaan apa saja, dimana saja dan kapan saja. Menulis adalah suatu hal yang memerlukan tingkat penalaran otak yang tinggi. Tidak semua kondisi sesuai untuk kita menulis, kondisi fisik dan keadaan jiwa sangat memengaruhi. Apabila fisik dan jiwa tak sehat maka pikiranpun tutur tak stabil. Menulis bukan hanya tindakan semaunya saja karena menulis membutuhkan pikiran yang tenang dan jernih.

Mengapa harus demikian? Beberapa hal yang menjadi alasan mengapa menulis harus dengan kondisi yang sehat, perlu kita ketahui bahwa ingin beraktivitas apapun apabila kondisi tubuh tidak sehat tentu akan sangat terganggu bukan? Nah sama halnya dengan menulis bukan hanya aktivitas fisik saja yang dibutuhkan namun juga penalaran otak yang menjadi perihal utama dalam menulis.

Namun bukan berarti kita tadk dapat menulis bila kondisi tidak sehat, tetap logika saja apabila dalam kondisi sehat saja belum tentu kita dapat menghasilkan karya tulisan yang baik dan benar apalagi ketika dalam waktu sakit? Bagi penulis kesehatan jiwa dan raga adalah perioritas utama yang harus dijaga untuk menghasilkan karya-karya yang luar biasa.

Menulis bukanlah perihal dimana kita bisa menuangkan pikiran kita lewat tulisan saja. Ada bayak langkah-langkah, tahapan, strategi serta teknik dalam menulis yang harus diperhatikan serta diterapkan. Untuk mencapai semua hal itu kita juga harus mnegetahui rahasia dibalik kesuksesan penulis-penulis terkenal dalam menghasilkan mahakaryanya. Rahasia itu adalah kiat-kiat sukses yang dapat dipelajari, dipahami serta diterapkan oleh kebanyakan penulis besar pada umumnya.

Apa saja bentuk dari kiat-kiat tersebut? Berikut akan kita ulas secara rinci mengenai kiat-kiat sukses dalam menulis :

Tips Rahasia Jadi Penulis Buku Yang Sukses

  1. Komitmen

Dalam dunia menulis komitmen memanglah hal penting yang harus tetap terjaga. Tidak sedikit yang memilih mundur karena merasa tidak sanggup untuk bertahan dalam menulis. Salah satu factor ialah waktu, kurangnya ide serta factor-faktor lain yang sebenarnya dapat diatasi. Untuk itu, apabila ingin sukses menulis maka hal yang pertama kali harus dijaga ialah komitmen.

Baca Juga : Cara Mewujudkan Mimpi Jadi Kenyataan

Tips Penulis Sukses,Rahasia Penulis Sukses,Kisah Penulis Sukses

Tips Penulis Sukses,Rahasia Penulis Sukses,Kisah Penulis Sukses

  1. Konsisten

Menulis adalah kegiatan yang harus dilakukan terus menerus. Hal ini ditujukan agar tidak ada kesenjangan waktu dalam hal pemikiran. Terus menerus ialah dengan menjadwalkannya secara rutin. Karena hal tersebut sangat membantu penulis untuk terus memiliki ide gagasan yang kreatif.

  1. Kerja keras

Menulis merupakan serangkaian aktivitas yang memerlukan kerja keras. Meski keras bukan dalam artian fisik. Namun keras yang berlaku ialah kerja keras dalam pemikiran. Ide kreatif yang muncul dalam pikiran tak serta merta begitu saja namun perlu untuk dikembangkan lagi. Dalam hal tersebut tentu penulis harus memiliki semangat kerja yang tinggi.

  1. Kerja ikhlas

Dalam karya tulis yang komunikatif membutuhkan keikhlasan dalam menulisnya, karena apabila tidak ikhlas maka senantiasa kita tidaka akan mendapatkan kepuasan terhadap apa yangtelah kita tulis. Menulislah dengan ikhlas niscaya hasil dari tulisanmu akan mengikhlaskanmu juga. Ingatlah bahwa proses tidak akan pernah mengkhianati hasi.

  1. Kerja tuntas

Dalam dunia menulis ketuntasan tulisan adalah perkara utama yang harus diselesaikan penulis. Seperti kalimat yang sering kita dengar selesaikanlah apa yang telah kamu mulai. Kalimat itu juga berlaku dalam tulis menulis, jaga semangatmu karena akan ada banyak rintangan yang akan merobohkan pertahananmu. Tak sedikit orang yang tidak menuntaskan karya tulisnya karena tidak sanggup untuk melewati setiap tantanggannya. Jangan sampai kamu termasuk didalamnya ya.

  1. Kerjasama

Meski menulis terkesan self work, namun penulis juga butuh pendapat dari orang lain mengenai karyanya. Karena sasaran tulisan yang penulis tulis ialah dapat dibaca oleh orang lain. Wujud kerjasama yang dapat dilakukan dalam menulis ialah pentingnya pendapat orang lain.

  1. Koneksi

Tanpa koneksi menulis akan mengalami hambatan dalam mempromosikan karya yang telah diciptakan. Bagi penulis hal terindah adalah apabila tulisan yang ia hasilkan dibaca oleh khalayak ramai serta tulisan tersebut dapat bermanfaat bagi orang lain. Menulis juga memerlukan koneksi karena hal tersebut dapat membantu penulis dalam mempublikasikan karya-karyanya.

Baca Juga : 3 Efektif Cara Meningkatkan Penghasilan BlogĀ 

  1. Kemauan keras

Menulis bukan hanya keinginan atau kemauan semata, karena proses menulis tidak mudah seperti yang dibayangkan. Akan ada banyak rintangan untuk itu harus siap dan kuat secara mental.

  1. Kontekstual

Hendaknya penulis menulis hal-hal yang bersifat kontekstual sesuai dengan keadaan yang terjadi pada masanya. Karena menulis sesuatu yang sedang trend dapat menarik minat pembaca. Sesuatu yang sedang hangat memang sangat menrik perhatian untuk dibincangkan. Begitu pula dengan halnya menulis hendaklah menulis dengan kontekstual.

  1. Kejujuran

Jujur dalam menulis memang sesuatu yang penting. Hendaklah penulis bersikap jujur terhadap apa yang ditulisnya. Jujur dalam artian tulisan harus sesuai dengan kejadian yang sebenarnya.

  1. Ketelitian

Teliti, cermat dan jeli adalah komponen-komponen yang harus ada dalam jati diri penulis. Tingginya tingkat ketelitian penulis maka akan membuat tinggi pula kualitas tulisan yang akan dihasilkan. Mengapa demikian? Teliti dalam menulis adalah upaya jitu dan efektif yang harus dilakukan penulis untuk meminimalisir kesalahan dalam penulisan.

  1. Kesabaran

Dari banyak kiat sukses dalam menulis apabila tidak memiliki unsure kesabaran akan sia-sia. Mengapa demikian? Kesabaran adalah tonggak awal suatu keberhasilan, sifat ini haruslah dimiliki oleh penulis karena sudah dikatakan bahwa menulis bukanlah suatu hal yang mudah. Begitu banyak proses yang harus dilalui oleh karena itu mengapa penulis memang dituntut untuk memiliki kesabaran yang tinggi.

  1. Kreativitas

Bukan hal yang baru dalam dunia kepenulisan. Kreativitas adalah kewajiban yang harus ditunaikan setiap penulis. Dapat dikatakan bahwa kreatif adalah sifat utama yang harus dimiliki seorang penulis. Mengapa tidak ? setiap kata-kata demi kata yang mampu tertuang dalam tulisan ialah sesuatu yang harus tetap terus dikembangkan hingga menjadi susunan kalimat menarik dan bermakna. Tentu hal tersebut tidak akan terwujud apabila tidak dilakoni sesorang yang tidak memiliki jiwa kreativitas. Jiwa yang kreatif secara alami memang tidaklah sulit untuk diasah, namun kreativitas juga dapat dibentuk melalui media pembelajaran, pengalaman serta ketekunan. Jadi bagi kamu yang merasa kurang kreatif jangan khawatir, kuncinya ialah terus belajar dengan tekun.

Baca juga : 5 Cara Efektif Meningkatkan Pengunjung Blog

  1. Kedisplinan

Salah satu unsur penting dalam menulis ialah tingkat kedisiplinan yang tinggi, dengan menerapkan lingkup kerja yang disiplin membuat penulis tidak akan mengalami waktu yang sulit ketika menulis seperti halnya deadline. Menulis bukanlah hal yang dapat dilakukan dengan cara yang tergesa-gesa. Karena apabila terjadi akan menimbulkan dampak pada hasil tulisan. Kerana itulah mengapa pentingnya disiplin dalam menulis. Letak kedisiplinan tertinggi dalam menulis ialah pada waktu yang penulisan naskah atau lainnya. Karena dalam menulis juga ada target-target yang harus dicapai, untuk itu tetap atur waktumu sebaik mungkin agar terhindar dari kerja deadline.

  1. Komunikatif

Dalam menulis karya tulis ilmiah hendaklah menggunakan bahasa yang komunikatif agar mudah dimengerti dan dipahami oleh pembaca. Penggunaan bahasa yang komunikatif akan memberikan kemudahan bagi pembaca untuk memahami isi dari tulisan tersebut sehingga pembaca dapat langsung menerima manfaat dari tulisannya tersebut.

Itulah 15 Kiat menjadi penulis, semoga bisa bermanfaat dan bisa Anda praktekkan.

Anda juga bisa pelajari trik-trik menulis lainnya di www.kursusmenulisonline.com