Dalam membuat toko online untuk mendukung bisnis, kita tidak bisa melakukannya dengan asal-asalan. Kita harus punya tujuan dan rencana yang rapi ketika membuat toko online. Bermula dari cara menentukan tujuan hingga fitur-fitur dalam toko online tersebut. Berikut langkah-langkah dalam membuat
toko online:

1. Tentukan tujuan.
Ketika Anda membuat toko online, tentukan tujuannya. Apakah  Anda ingin meningkatkan penjualan, memperbesar pasar, atau membangun citra merek. Setiap tujuan tersebut mempunyai target tersendiri. Ketika kita sudah mempunyai target yang jelas, maka menjadi lebih mudah dalam mengejarnya.

2. Menentukan produk yang dijual dan keunikannya
Sebelum membuka toko online, kita harus menentukan produk apa yang ingin dijual. Ini akan mempengaruhi toko seperti apa yang dibutuhkan. Keunikan produk juga mempengaruhi tampilan
dari toko online kita. Jika kita hanya membuka toko tanpa mengetahui produk apa yang akan dijual, nanti akan kebingungan bagaimana strategi yang tepat untuk mencapai tujuan.

3. Risetlah target pasar
Cari tahulah target pasar yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Pastikan produk tersebut masih akan laku di pasar. Setelah menemukan target pasar, maka sesuaikanlah cara komunikasi Anda dengan target pasar Anda.

4. Buat nama domain yang mudah
Nama domain yang mudah akan membuat pelanggan menjadi lebih familiar dengan toko online Anda. Nama yang mudah juga akan terhafal dengan baik, sehingga konsumen tidak melupakannya begitu saja. Cobalah untuk memilih nama yang mudah dan juga menarik.

5. Pilihlah platform dan fitur yang dibutuhkan
Sebelum memilih platform apa yang kita gunakan, ada baiknya untuk melakukan riset kecil-kecilan guna mengetahui secara lengkap tentang platform tersebut. Kita juga harus menyesuaikan platform dengan produk yang dijual dan target market.

Fitur-fitur yang disediakan oleh toko online merupakan hal yang penting bagi bisnis online Anda. Fitur pada toko online akan mempengaruhi kepuasan konsumen. Fitur yang paling penting adalah fitur keranjang belanja yang mendukung, minimal toko online mempunyai ini.

6. Mulailah berjualan segera mungkin
Jangan menunda-nunda, karena Anda akan ketinggalan dengan pesaing. Lakukanlah segera mungkin sembari melakukan evaluasi  yang rutin dan perbaikan yang terus menerus. Bisnis dan toko online yang melakukan perbaikan dan evaluasi akan lebih memuaskan pelanggan ketimbang yang tidak melakukannya.

Itu dia 6 Langkah Membuat Toko Online, Semoga Bermanfaat..

BACA JUGA => 7 Alasan Menga Perlu Buka Toko Online